Free Banana Wave Cursors at www.totallyfreecursors.com
Zahra_Xanze: Pengertian Ulumul Qur'an dan Arti Penting Mempelajarinya bagi Keberagamaan Modern
اMari Berbagi Ilmu serta Wawasan..... Eits... Jangan Lupa, Baca Basmalah dulu sebelum Membaca...
Semoga Bermanfaat.....:)

Jumat, 04 November 2011

Pengertian Ulumul Qur'an dan Arti Penting Mempelajarinya bagi Keberagamaan Modern

·         A. Pengertian Ulumul Qur’an
Kata ‘Ulum” علوم  jamak dari kata’Ilmu علم. ‘Ilmu berarti الفهم والإدراك(“paham dan menguasai”). Kemudian arti kata ini berubah menjadi masalah-masalah yang beraneka ragam yang disusun secara ilmiah.
Jadi, yang dimaksud dengan ‘Ulumul Qur’an’ ialah yang membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan Qur’an dari segi asbaabun nuzuul, an-Nasikh wal mansukh, al-muhkam wal mutasyaabih, al-Makki wal Madani, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Qur’an. Terkadang ilmu ini dinamakan juga Usulut Tafsir (“dasar-dasar tafsir”), karena yang dibahas berkaitan dengan beberapa masalah yang harus diketahui oleh seorang mufasir sebagai sandaran dalam menafsirkan Qur’an.[1]
Terdapat berbagai defenisi tentang yang dimaksud dengan Ulumul Qur’an ( ilmu ilmu al-qur’an) contohnya yaitu :
Imam Al-Suyuthi dalam kitab Itmamu al-Dirayah mengatakan, Ulumul Qur’an adalah :
علم يبحث فيه عن احوال الكتاب العزيز من جهة نزوله و سنده وادابه والفاظه و معانيه المتعلقة باالاحكام و غير ذالك.
“ ilmu yang membahas tentang keadaan al-qur’an dari segi turunnya, sanadnya, adabnya, makna – maknanya, baik yang berhubungan dengan lafal-lafalnya maupun yang berhubungan dengan hukum-hukumnya, dan sebagainya”.[2]
Imam Al-Zarqani dalam kitabnya Manahil al-irfan fi ulum al-qur’an merumuskan Ulumul Qur’an sebagai berikut : “ Pembahasan-pembahasan masalah yang berhubungan dengan al-qur’an, dari segi turunnya, urut-urutannya, pengumpulannya, penulisannya, bacaannya, mukjizatnya, nasikh mansukhnya, dan bantahan terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan keragu-raguan terhadap al-qur’an dan sebagainya”.

·         B. Arti Penting mempelajari Ulumul Qur’an bagi Keberagaman Modern
Dalam kehidupan keberagaman modern, sudahlah tentu kita butuh untuk mempelajari Ulumul Qur’an dimana memiliki arti penting sebagai pijakan dasar agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi acuan dan pedoman hidup dalam rangka meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.
Bagi keberagaman modern, Ulumul Qur’an sangat penting dipelajari dalam rangka sebagai pijakan dasar dalam menafsirkan Al-Qur’an oleh para mufassir. Dapat dikatakan semakin dikuasainya ‘Ulumul Qur’an oleh mufassir maka semakin tinggilah kualitas tafsir yang dibuatnya.
Dengan melihat Urgensi serta Faedah mempelajari Ulumul Qur’an dibawah ini, mampu mewakilkan sebagaimana pentingnya mempelajari serta mendalami Ulumul Qur’an bagi keberagaman modern :
A.    Faedah dan Urgensi mempelajari Al-Qur’an
Adapun tujuan dari mempelajari ‘Ulumul Qur’an adalah:
1)      Agar dapat memahami kalam Allah ‘Aza Wajalla sejalan dengan keterangan yang dikutip oleh para sahabat dan para tabi’in tentang interprestasi mereka terhadap Al-Qur’an
2)      Agar mengetahui cara dan gaya yang digunakan oleh para mufassir (ahli tafsir) dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan disertai penjelasan tentang tokoh-tokoh ahli tafsir yang ternama serta kelebihan-kelebihannya.
3)       Agar mengetahui persyaratan-persyaratan dalam menafsirkan Al-Qur’an
4)      Mengetahui ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan dalam menafsirkan Al-Qur’an.
Hubungan ‘Ulumul Qur’an dengan tafsir juga dapat dilihat dari beberapa hal yaitu:
a. Fungsi ‘Ulumul Qur’an sebagai alat untuk menafsirkan, yaitu:
1)      Ulumul Qur’an akan menentukan bagi seseorang yang membuat syarah atau menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an secara tepat dapat dipertanggung jawabkan. Maka bagi mafassir ‘Ulumul Qur’an secara mutlak merupakan alat yang harus lebih dahulu dikuasai sebelum menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an.
2)      Dengan menguasai ‘Ulumul Qur’an seseorang baru bisa membuka dan menyelami apa yang terkandung dalam Al-Qur’an
3)      ‘Ulumul Qur’an sebagai kunci pembuka dalam menafsirkan ayat Al-Qur’an sesuai dengan maksud apa yang terkandung di dalamnya dan mempunyai kedudukan sebagai ilmu pokok dalam menafsirkan Al-Qur’an.
b. Fungsi ‘Ulumul Qur’an sebagai Standar atau Ukuran Tafsir
Apabila dilihat dari segi ilmu, ‘Ulumul Qur’an sebagai standar atau ukuran tafsir Al-Qur’an artinya semakin tinggi dan mendalam ‘Ulumul Qur’an dikuasai oleh seseorang mufassir maka tafsir yang diberikan akan semakin mendekati kebenaran, maka dengan ‘Ulumul Qur’an akan dapat dibedakan tafsir yang shahih dan tafsir yang tidak shahih.
Dari uraian diatas bisa difahami bahwa adanya Ulumul Qur’an sangatlah penting untuk dipelajari dan dikaji secara baik untuk mencegah adanya kesalahan dalam menafsirkan Al-Qur’an dimana pada Keberagaman Modern saat ini tidak dipungkiri banyak kesalahan-kesalahan penafsiran yang memang disengaja untuk merubah makna dan ajaran serta perintah dan pedoman-pedoman yang terkandung didalamnya. Untuk itu sangatlah penting mempelajarinya bagi keberagaman modern.


[1] Manna’ Khalil al-Qattan, Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an/Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Terj. Mudzakir AS. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2009. Hal. 8-9.
[2] Prof. Drs. H. Masjfuk Zuhdi, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: CV. Karya Abdi Tama, 1997. Hal. 23.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar